Rabu, 31 Desember 2014

Kalimat Baku.

 Prediksi Soal SBMPTN
1.    Vitamin D dikenal sebagai  salah satu unsur penting bagi kesehatan. Jika kekurangan vitamin ini, Anda berisiko menderita beragam penyakit mulai dari keropos tulang, kanker usus, dan problem kekebalan tubuh. Selain itu,  para ahli juga mengindikasikan  bahwa vitamin D berkaitan dengan penyakit rematik. Indikasi tersebut terlibat dengan tingginya kasus defisiensi vitamin D pada pasien yang dirawat di klinik rematologi.Inti kutipan di atas adalah ....
(A)    Vitamin D sangat penting bagi kesehatan tulang
(B)    mengkonsumsi vitamin D membuat tulang menjadi sehat
(C)    kekurangan vitamin D menimbulkan berbagai problem kekebalan  tubuh
(D)    kekurangan vitamin D menimbulkan berbagai penyakit
(E)    vitamin D berhubungan erat dengan  penyakit tulang.




2.    Yang  merupakan kalimat baku adalah  ....
(A)    Buku ini  terdapat istilah–istilah kekerabatan   pada orang Jawa dan Batak dalam susunan masyarakat yang di tulis berdasarkan ilmu antropologi.
(B)    Dari beberapa pokok persoalan yang diberikan un tuk membandingkan dua atau lebih dialek, antara lain dalam bidang fonetik atau semantik.
(C)    Adapun yang akan saya uraikan di sini ialah kebersihan dan kesehatan, saya terdorong untuk mengemukakannya, karena sering dilalaikan orang dan sesungguhnya kebersihan dan kesehatan itu perlu, sebab dengan bersih ten tu akan menjadi sehat.
(D)    Karena nilai  yang didapatkan lebih besar dari penolakan maka hipotesis nihil ditolak.
(E)    Jika data yang diolah  tidak memenuhi syarat, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya, hasil penelitian di lapangan itu tidak dapat diper tanggungjawabkan secara ilmiah.

3.    Kalimat  berikut  tidak baku, kecuali ....
(A)    Dengan teknik tersebut para astronom dapat memperkirakan  ukuran planet meskipun belum diketahui massannya, namun diperkirakan antara  5,7 hingga 11 massa bumi.
(B)    Landasan pacu Bandara Ahmad Yani Semarang tergenang sepanjang 500 meter dan harus menggunakan 23 pompa air un tuk menyuru tkan  genangan.
(C)    Bandara  menunda semua penerbangan sejak Minggu pagi hingga pukul 21.00 karena kondisi landasan pacu masih buruk.
(D)    Komisi pemilihan umum berencana mengatur penetapan calon terpilih yang berhak pada calon perempuan,  jika partai  poli tiuk meraih tiga ku rsi DPR/DPRD, salah satunya mesti diberikan kepada calon perempuan yang  perolehan suaran ya  terbanyak.
(E)    Berdasarkan pada data di  Dinas Bina Marga Pemkot  Surabaya, maka  titik-titik genangan  itu menyebar hampir di seluruh wilayah Surabaya mulai sisi paling barat,  timur, hingga ke selatan.

Sumber : buku sbmptn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar