Rabu, 17 Desember 2014

Kalimat Utama

Prediksi soal SBMPTN 2

Soal SBMPTN di bawah ini bisa dijadikan sebagai latihan.
1.    Pada itu, di bawah semak dan pohon,
Ular bebisa kerap kali berkeliaran.
Kalimat utama yang baik  untuk mengawali paragraf deduktif di atas adalah ....
(A)    Kaki bukit itu  berawa-rawa.
(B)    Bukit itu sangat berbahaya.
(C)    Bukit itu sukar didaki.
(D)    Bukit itu angker,
(E)    Buklit itu sering didaki orang.



2.    Bila dilihat dari karier tinjunya, kehebatan Mike Tyson yang kini berganti nama menjadi Malik Abdul Aziz setelah masuk Islam, rasanya tidak diragukan lagi. Dari catatan prestasinya diperoleh data sebagai berikut. Selama 45 kali bertanding, Mike Tyson memenangkan pertandingan 79 persen dengan menang KO 86 persen. Jumlah ronde pertandingan 164 ronde rata-rata ronde pertandingan 3,64 persen. Jumlah pendapatan perdetik di partai terakhir Rp. 168 juta. Mike Tyson meraih gelar WBC, WBA, dan IBF.
Simpulan generalisasi di atas yang tepat adalah ....
(A)    Dari catatan di atas,  rasanya tidak berlebihan kalau Mike  Tyson  pasti menang di dalam semua pertandingan.
(B)    Dari catatan di atas, rasanya tidak berlebihan kalau Mike  Tyson menjadi orang yang paling terkenal di dunia.
(C)    Dari caatatan di atas, rasanya tidak berlebihan kalau Mike  Tyson bergelar petinju  terbaik dan sejati.
(D)    Dari catatan di atas, rasanya tidak berlebihan kalau Mike  Tyson menjadi orang sombong karena terkaya di dunia.
(E)    Dari catatan di atas, rasanya  tidak berlebihan kalau Mike Tyson menjadi petinju yang berani dan handal. (BACA : PREDIKSI SOAL SBMPTN)

3.    Suatu kemasan karton dapat dengan mudah dibuka lalu dilem kembali. Oleh sebab itu, para konsumen harus berhati-hati terhadap kemasan yang tidak rapi. Misalnya, kemasan karton sari buah habis pakai atau kosong. Lalu karton itu  dibuka dan diisi dengan sari buah baru dan dilem kembali. Selanjutnya. Dipasarkan sebagai sari buah kemasan karton yang  harganya sudah tentu jauh lebih mahal dari sari buah biasa.
Paragraf  tersebut dikembangkan dengan berdasarkan pola  ....
(A)    sebab akibat
(B)    pertentangan
(C)    perbandingan
(D)    umum-khusus
(E)    urutan waktu

4.    Pasar  uang dan pasar  modal Indonesia belum  pulih. Rupiah masih terus mengalami tekanan mengikuti penurunan sebagian besar mata uang Asia. Masalah minimnya pasokan dolar AS di pasar valas semakin mempersulit mata uang lokal ini. Pada penutupan perdagangan  valas  tanggal  November, rupiah melemah  hingga  poin ke posisi. Per  dolar AS. Rupiah bahkan sempat menembus. 5 per dolar AS. Pelaku pasar cemas karena belum  ada sentimen positif dari dalam negeri. Oleh karena itu, pasar  lebih memilih memegang dolar AS dalam kondisi pasar global yang sedang  rentan ini.
Paragraf  di atas dikembangkan dengan menggunakan pola sebab akibat karena ....
(A)    Kalimat utamanya  menyatakan hubungan sebab  dan akibat.
(B)    Kalimat pertama menyatakan sebab dan kalimat  lainnya menyatakan akibat.
(C)    Kalimat ketiga menyatakan sebab, sedangkan kalimat lainnya menyatakan akibat.
(D)    Kalimat pertama dan ketujuh  menyatakan  akibat, sedangkan lainnya menyatakan sebab.
(E)    Kalimat ketujuh mennyatakan akibat, sedangkan kalimat lainnya menyatakan sebab.

5.    Membuat produk  dalam jumlah   terbatas sesunguhnya adalah trik lama dalam praktik pemasaran. Dengan peredaran barang terbatas dan  melebihi permintaan harga  akan membungbung dan akan diburu orang.  Trik ini banyak dijumpai pada produsen yang membuat arloji dan pen supermewah.  Trik ini sering berhasil dan manjur karena konsumen ingin memiliki sebuah benda  yang eksklusif.Dalam  paragraf  tersebut  terdapat  kalimat  yang isinya berupa  contoh bagi informasi dalam keseluruhan paragraf. Kalimat yang dimaksudkan adalah kalimat ....
(A)    pertama
(B)    kedua
(C)    ketiga
(D)    keempat
(E)    kelima

6.    Seseorang akan mengembangkan karangan yang bertema upaya mengatasi pergaulan bebas pada kaum remaja di perkotaan. baca contoh soal sbmptn.
Berdasarkan  tema tersebut, topik-topik untuk kerangka karangan yang runtut adalah  ....
(A)    masalah yang timbul akibat pergaulan bebas pada kaum remaja di  perkotaan,  pentingnya mengatasi pergaulan bebas, langkah mengatasi pergaulan  bebas, langkah mengatasi pergaulan bebas, saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi pergaulan bebas,
(B)    pentingnya mengatasi pergaulan bebas pada kaum remaja di perkotaan, masalah yang timbul akibat pergaulan bebas, langkah mengatasi pergaulan bebas, saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi p ergaulan bebas.
(C)    Langkah mengatasi pergaulan bebas pada kaum remaja di perkotaan, pentingnya mengatasi pergaulan bebas, saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi pergaulan bebas.
(D)    Pentingnya mengatasi pergaulan bebas pada kaum remaja di perkotaan, langkah mengatasi pergaulan bebas, masalah yang timbul akibat pergaulan bebas, saran yang dapat dilakukan untuk  mengatasi pergaulan bebas
(E)    Pentingnya saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi pergaulan bebas di perkotaan, masalah yang timbul  akibat pergaulan bebas, langkah mengatasi pergaulan bebas, saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi pergaulan bebas. buku sbmptn
7.    (1) Lima  tahun ke depan adalah masa yang sangat menentukan bagi perekonomian nasional.  (2) Kita memiliki peluang yang  amat besar untuk lebih cepat menjadi negara maju, prediksinya sekitar tahun  2025 – 2030. (3) Untuk mewujdkan visi menjadi negara maju dibutuhkan lima syarat utama ; struktur ekonomi yang tangguh; perekonomian yang memiliki daya saing, sumber daya manusia berkualitas ketersediaan infrastruktur, dan kemampuan pembiayaan pembangunan. (4) Revitalisasi sektor pertanian perlu menjadi prioritas utama karena tiga alasan ; (a) meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan, (b) memacu daya beli masyarakat, dan  (c) menghasilkan pemerataan pembangunan. (kumpulan soal sbmptn)
Paragraf di atas tidak padu. Agar padu,  perbaikannya adalah  ....
(1)    Kalimat keempat dipindahkan diantara kalimat pertama dan kedua.
(2)    Kalimat ketiga ditempatkan dibagian akhir
(3)    Kalimat ketiga dihilangkan
(4)    Kalimat kempat dihilangkan
soal sbmptn dan pembahasan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar